Pelaksanaan UTBK SBMPTN Tahun 2021 Di SMK Negeri 1 Sentani Sebagai Mitra ISBI TANAH PAPUA

Sejak tahun 2019 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

SMK Negeri 1 Sentani sejak tahun 2019 hingga saat ini tahun 2021 sebagai mitra dari PTN ISBI Tanah Papua membantu pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Resource Sharing SMK Negeri 1 Sentani sebagai mitra menyiapkan 5 ruang laboratorium komputer setiap ruang disiapkan 20 unit PC sesuai protokol pencegahan covid-19, server, beserta koneksi internet sebagai lokasi ujian. Tahun 2021 sebanyak 421 pendaftar dilaksanakan mulai tanggal 12, 13, 14 dan 17 April 2021.

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) sebagai berikut:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.
Share on facebook
Share on twitter

Related Posts