SMK Negeri 1 Sentani Medali Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional Ke XXII

SENTANI (JAYAPURA) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sentani, Kabupaten Jayapura yang mewakili Provinsi Papua berhasil meraih 2 (dua) medali yakni Medallion of Excellence IT Netwroking Support dan juga Medallion of Excellence Welding (Las) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Nasional ke-XXIII Tahun 2015 di Tangerang, Banten pada tanggal 7-13 Juni 2015.
atakan Wakil Bupati Jayapura Roberth Djoenso D. SH, M.Si, kepada wartawan usai pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) PMR Wira, di SMAN 1 Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (15/6).

Wabup mengungkapkan, bahwa pencapaian yang telah diraih oleh 3 orang siswa SMKN 1 Sentani dalam LKS SMK Tingkat Nasional XXIII Tahun 2015 itu tidak terlepasa dari dukungan berbagai pihak baik itu Komite Sekolah, orang tua siswa, guru pembimbing, siswa, serta budaya prestasi yang ditanamkan di lingkungan SMKN 1 Sentani yang merupakan sekolah kejuruan favorit di Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut Wabup berharap, kepada lulusan SMK ini tidak hanya menguasai kompetensinya saja, namun mereka mampu memecahkan masalah atau mampu merumuskan strategi yang spesifik untuk situasi yang berbeda dan juga menerapkan rencana, menunjukkan fleksibilitas serta strategi penilaian yang efektif.

“Selain itu juga saya harap mereka harus mampu mengembangkan ekonomi kreatif yang digalakkan oleh pemerintah saat ini yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan menghandalkan keahlian, bakat dan kreatifitas,” harap Wabup Roberth yang menambahkan bahwa dirinya diundang langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk memberikan support kepada peserta LKS Provinsi Papua, khususnya peserta dari SMKN 1 Sentani.

Wabup Roberth juga menyampaikan, bahwa peran dari SMK ini sangat menentukan guna mencetak anak-anak yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Namun yang perlu menjadi perhatian dari pihak pemerintah dari semua itu adalah meningkatkan kemampuan dari para guru seperti disekolahkan atau diikutkan pada pelatihan-pelatihan, sehingga kemampuan mereka dapat bertambah yang diharapkan mereka juga mampu untuk membina dan melatih anak-anak kita,” paparnya.

Sekedar diketahui pada ajang LKS SMK Tingkat Nasional XXIII di Tangerang, Banten pada tanggal 7-13 Juni 2015 bahwa Provinsi Papua mengirim 34 siswa SMK dari 4 Kabupaten dan 1 Kota diantaranya Kabupaten/Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Timika yang berhasil meraih juara Harapan II mata lomba Tourist Industry dan juara Harapan III mata lomba Fishering. [PasifikPos]

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn